Review Usability Website Punyanya Cipaganti Group Cont.(2)

Friday, June 25, 2010 5:00 PM by justforisnazrules
Masih menyambung postingan yang sebelumnya, dan masih dengan bahasan yang sama, yaitu review usability website milik cipaganti group. Jika pada postingan yang sebelumnya saia me-review usability website www.cipaganti.co.id khususnya tentang menu-menu yang ada pada website tersebut, maka pada postingan kali ini saia akan me-review tentang salah satu kekurangan dari navigasi website milik cipaganti group ini.

Seperti yang kita ketahui, bahwa navigasi pada suatu aplikasi, termasuk aplikasi web sangatlah penting. Navigasi pada sebuah website yang ditampilkan pada menu dan links adalah petunjuk bagi user terhadap halaman - halaman yang terdapat dalam website. User akan semakin mudah menemukan halaman - halaman dalam suatu website jika menu - menu dan link yang ada tampil secara terstruktur.

Navigasi pada website milik cipaganti group ini masih memiliki kekurangan, dan akan membuat user, termasuk saia sendiri menjadi bingung. Salah satu kekurangan dari website ini adalah tidak adanya where am i (posisi dimana user berada).
Saat mengakses menu-menu yang ada pada website tersebut, user kesulitan untuk mengetahui posisi dimana mereka berada. Hal ini dikarenakan oleh pada saat user mengakses suatu menu, menu yang sedang diakses tersebut tidak melakukan penandaan. Dalam kata lain bentuk, rupa, dan warna dari menu tersebut tidak berubah sama sekali dengan saat sebelum user mengakses menu tersebut. Hal ini akan membuat user kebingungan dan akan cenderung mengklik-klik menu yang ada secara acak agar dapat mengetahui posisi mereka berada.

Gambar di atas menunjukkan tidak adanya navigasi where am i.
Artikel yang ada di tengah dari gambar tersebut sebenarnya adalah isi dari menu Promosi Cipaganti (seperti yang ditunjuk oleh tanda panah berwarna merah).

Solusinya adalah dengan melakukan penandaan pada setiap menu yang sedang diakses oleh user. Penandaan tersebut bisa dilakukan dengan cara memberi hilight atau warna yang berbeda pada menu yang sedang diakses, atau bisa juga dengan menggunakan breadcrumb agar mempermudah user mengetahui posisinya berada.

Sekian dulu postingan saya yang satu ini. Review selanjutnya akan dilanjutkan pada postingan berikutnya. Tetep semanat \^0^/

0 Response to "Review Usability Website Punyanya Cipaganti Group Cont.(2)"

Post a Comment