Review Usability Website Punyanya Cipaganti Group Cont.(3)

Friday, June 25, 2010 6:56 PM by justforisnazrules
Postingan ini masih merupakan lanjutan dari postingan saia yang sebelum-sebelumnya, yaitu review usability website milik cipaganti group. Pada postingan yang sebelumnya review saia adalah mengenai usability website www.cipaganti.co.id khususnya pada kekurangan dari navigasi pada website tersebut. Postingan yang satu ini saia akan me-review tentang kesesuaian website dengan tujuan yang ingin dicapai oleh cipaganti group untuk menyediakan layanan secara online kepada user. Selain itu saia juga akan membahas mengenai user experience dan kepuasan yang didapat oleh user saat mengakses website ini.

Website milik cipaganti group ini bisa dikatakan sebagai alat atau media untuk mempromosikan layanan-layanan yang dimilikinya. Juga bisa digunakan sebagai sarana atau fasilitas untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan atau user yang ingin menggunakan layanan yang disediakannya tersebut.

User
yang mengakses website ini sudah pastinya ingin melakukan suatu perjalanan dan membutuhkan layanan dari cipaganti group sebagai agen perjalanan. Pada umumnya, konten yang paling diperlukan oleh user adalah fasilitas reservasi secara online. Namun, website tersebut belum menyediakan beberapa informasi yang dibutuhkan oleh user. Diantaranya adalah:
  1. Seluruh submenu dari menu reservasi online sama sekali tidak menyediakan fasilitas kepada user untuk melakukan reservasi secara online. Kenyataannya adalah isi dari submenu reservasi online tersebut hanyalah berupa artikel-artikel tentang submenu-submenu yang ada. Hal tersebut tidak sesuai dengan tittle menu yang bertuliskan reservasi online. Sudah pasti user akan sangat kecewa karena fasilitas reservasi secara online yang diharapkannya untuk ada pada website tersebut ternyata tidak ada.
  2. Tidak adanya informasi untuk menggunakan layanan yang disediakan, khususnya layanan-layanan pada submenu dari menu reservasi online. Lagi-lagi yang ditampilkan hanyalah artikel yang berkaitan dengan submenu tersebut. Sehingga user tidak tahu fasilitas apa saja yang akan didapatkannya jika dia menggunakan layanan tersebut.
  3. Tidak adanya informasi harga dari setiap jenis pelayanan yang ada pada submenu dari menu reservasi online tersebut. Sehingga user tidak bisa mengetahui berapa besar biaya untuk mengunakan layanan tersebut.
Selain reservasi online, user juga sering membutuhkan informasi mengenai rute dan jadwal keberangkatan. Untuk informasi tersebut, saia rasa website ini telah menampilkannya secara jelas. Namun packaging dari informasi tersebut saia rasa masih kurang efisien. Seluruh rute dan jadwal yang ditampilkan oleh website tersebut langsung ditampilkan secara sekaligus, sehingga semua informasinya berada pada halaman tersebut. Hal tersebut akan menyusahkan user karena harus melakukan scrolling yang lumayan banyak.

Sebaiknya, rute dan jadwal keberangkatan tersebut tidak semuanya langsung ditampilkan. Biarkan user memilih tempat keberangkatan terlebih dahulu, setelah user menentukan tempatnya, baru kemudian tampilkan jawal keberangkatannya. Selain itu, bisa juga digunakan paging terhadap informasi yang ada. Paging ini akan menghindari keharusan user untuk scrolling terlalu banyak karena informasi yang ada disajikan menjadi beberapa halaman, dan juga akan lebih mempermudah user dalam mencari informasi mengenai rute dan jadwal keberangkatan. Selain itu penggunaan paging juga akan sangat berguna jika diterapkan pada beberapa menu lainnya yang berisi artikel panjang.

Sekian dulu untuk postingan kali ini. Tetep semangat \^0^/

3 Response to "Review Usability Website Punyanya Cipaganti Group Cont.(3)"

  1. zaangandibuka.blogspot.com Says:

    web yang simple tapi terlalu banyak text sehingga membuat kolom tengah atau bagian isi lebih panjang.


    Fazariah R(G64070120)
    http://fazariahr07.student.ipb.ac.id/

  2. fauzan Says:

    yang paling ga' mantep dari situs ini yaitu tidak ada layanan secara online. Jadi situs ini hanya sebagai ajang memberi informasi, seharusanya disediakan layanan secara online karena lebih .memudahkan pengguna

  3. Winda Giam Says:

    Singkat aja inong, logo mitra usaha, promosi Cipaganti, dan rute keberangkatan tidak terlihat seperti link, karena logo-logo tersebut tidak timbul, melainkan rata dengan halaman, sehingga user bisa saja tidak tahu adanya link ke logo-logo tersebut.

Post a Comment